Sebulan Untuk Selamanya

Sebulan untuk Selamanya…

 Masih inget rencana-rencana kamu dulu? Yang ternyata sekarang cuma jadi wacana, tapi keganti dengan cerita yang lebih baik?

Masih inget pertama kali ketemu sama orang yang paling kamu sayang? Ada  ga sedikit aja feeling waktu itu, kalau hari ini, kamu bisa sesayang ini sama dia?

 

Enggak? Ya, hidup memang se-unpredictable itu.

KKN, Kuliah Kerja Nyata. Dari awal aku bukan tipikal orang yang se-excited itu sama yang namanya KKN. Jauh-jauh hari orang lain kayanya sibuk bener nanya-nanya ke senior dan juga fact finding tentang tempat KKN yang bakalan mereka bidik nanti, tapi aku engga. Dipikir-pikir seru sih dengernya, pilih tempat KKN janjian sama temen, terus pilih tempat KKN yang asik, liburan 3 sks nih, mayan juga sist.

Berhubung di kuliahan ini punya sobi-sobi sista-sista alias temen-temen sahabat deket banget, sebut saja Motix (nama sebenarnya). Kita semua bagi-bagi tempat KKN gitu, biar setidaknya ada satu atau dua temen Motix yang sedaerah pas KKN, biar asyik aja gitu kayak di Tasyik…. Tapi apalah daya, manusia hanya bisa berencana dan Allah SWT yang berkehendak. *uhuk* Ujung-ujungnya mah, banyaknya misah-misah.

Awalnya, kemarin itu udah mau milih Tasik buat tempat KKN, dengan alasan saran dari orang tua, katanya Tasik itu wilayah agamis, jadi ga riskan wilayahnya. Iya sih, kayanya Tasik itu asik gitu kayak namanya. *halah* Tapi…. Ya sekali lagi, manusia hanya bisa berencana dan Allah SWT yang berkehendak, berhubung plotting KKN bareng banget pas karantina Mojang Jajaka Jawa Barat, alhasil, plotting KKN aja dibantuin Motix (thanks guys, you’re the best) Akhirnya setelah pergolakan yang sengit dan juga pertimbangan yang matang,  dapet daerah di Banjarsari, Garut. Peduli amat soal daerahnya, peduli amat soal orang-orang di dalemnya, alhamdulillah udah kebagian tempat KKN.

0t7shhjf

 

Singkat cerita, setelah berbagai bla bla bla dan ndblo blo blo syalala ketemu lah sama orang-orang yang bakal jadi partner tinggal selama sebulan ini, untuk pertama kalinya. Mulai lah, berbagai persepsi, penilaian berdatangan secara random. “Wah, cowok ini kayanya rese nih.” “Wah cewek ini kayanya ngeselin deh.” Iya, sadar-gak-sadar, urusan negative thinking mah, kita paling cepet. Kurang-kurangin gaes, karena apa? Ada saatnya nanti kita menyesal sudah tidak hati-hati, menilai orang sesukahati. 

Akhirnya, mulai juga nih, KKN di Banjarsari, Garut, dengan teman-teman yang banyaknya stranger dan juga gak tau orangnya kayak gimana. Aku cuma berdoa kalau temen-temen aku gak nyebelin, cuma itu doang. Gak ngarep lebih.

“Life is like a box of chocolate, you never know what you’re going to get. “

Ternyata… Aku salah, salah banget. Tempat KKN yang sucks¸temen-temen yang rese, bakalan gak betah lama-lama KKN, sama sekali gak aku alamin selama KKNM di Desa Banjarsari, Garut ini, malah kebalikannya KKN itu ternyata bener-bener seru, rame, memorable dan…dan….  no words, KKN adalah moment terbaik dan paling priceless aku tahun ini, dan mungkin sampai nanti.

Di KKN ini, aku nemu pengalaman baru. Ngajar anak SD, tinggal serumah bertujuhbelas, mandi di rumah warga karena keabisan air, karaokean di Mal Garut, bikin video-video gak jelas, main ke Darajat, dll…. sebenernya banyak moment yang missed juga nih, soalnya hehehe hehehe….

Terus, yang pasti, yang paling aku syukuri dengan adanya KKN ini adalah dipertemukannya aku sama orang-orang yang super baik, yang super caring, yang super lawak. Orang-orang di KKN ini punya karakter masing-masing yang pastinya bakalan susah banget dilupain, ada yang bawel, ada yang jago masak, ada yang doyan ngambek-ngambek tapi baik, ada yang rajin, ada yang  garing tapi lucu (???), ada yang doyan ngerasa terbuang (huft) , ada yang ketawanya lawak, ada yang tidurnya cepet banget kayak waktu tutup borma, ada yang doyannya mumbling, ada yang so-so-nyebelin-ngangenin-gimana-gitu tapi perhatian banget-banget, ada. Semuanya ada di Banjarsari.

Terserah sih, mau dibilang klise, lebay atau apapun itu. Tapi seriusan, masa-masa KKN bakalan jadi masa yang aku inget sampai ntar. Aku ya, gak tau deh orang. Tapi gini deh, hampir satu bulan penuh, 24 jam, tinggal sama stranger, tau kebiasaan mereka, buka mata sampe tutup mata lagi bareng mereka, gimana gak akan kangen? Moment-moment kayak makan bareng, solat berjamaah ber-17, main kartu bareng, dan juga hal lainnya yang gak bisa aku tulis satu persatu di tulisan ini…. Emang bisa didapetin lagi di lain hari? So, for me, KKN things take up so much room in my heart.

Terima kasih untuk satu bulan kita untuk selamanya, KKNM Banjarsari 2014.

I love you to the moon and back.

“The song that I wrote, the tones that I play, it’s just a beginning.”

 

See you soon!

Debby Permata <3

Februari, 2014

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *